PUNK,ROCK N METAL

Jumat, 30 April 2010

Sekilas Metallica

Sapa seeh yang kenal dengan band Metallica?? orang yang suka denger2 lagu kangen band ja pasti tau lah dengan satu nama ini. Band metal yang sudah eksis lebih dari 2 dekade dengan hi'ts2 sangarnya. Band metal yang dari dulu ampe sekarang gk pernah bosen gua dengerin lagunya. Dan band inilah yang membuat gua cinta ama musik metal..Let's the story begin..

Ketika album "Master of Puppets" dirilis, Metallica langsung tercatat dalam "Empat Besar" band trash metal terbaik, bersama Slayer, Anthrax dan Megadeth. Kini Metallica telah mengoleksi 9 album rekaman studio,2 album live, 2 album mini, 22 video musik dan 43 lagu single dengan total penjualan album keseluruhan sebesar lebih dari 90 juta keping diseluruh dunia. Metallica juga adalah pemegang sembilan penghargaan Grammy, dua penghargaan American Music Awards dan tiga penghargaan MTV Video Music Awards.

Lewat sebuah iklan berbunyi "Seorang pemain drum mencari musisi metal untuk jamminga lagu-lagu Tygers of Pan Tang, Diamond Head dan Iron Maiden" yag terpampang di koran The Recycler,terbitan Los Angeles, AS pada awal 1981 maka dimulailah cikal bakal terbentuknya Metallica. Adalah Lars Ulrich, musisi asal Denmark yang hijrah ke Amerika pada Agustus 1980,yang memasang iklan tersebut. Dua personel band Leather Charm yakni James Hetfield dan Hugh Tanner yang pertama kali datang menemui Lars, namun belum ada obrolan untuk membentuk band pada waktu itu.

Tapi Lars kemudian punya rencana gemilang. Ia mendekati Brian Slagel, pemilik label metal Blade Records dan langsung menawarkan lagu untuk mengisi album kompilasi "Metal Massacre" yang akan mereka rilis. Brian ternyata setuju dan Lars pun langsung gerak cepat dengan merekrut James Hetfield untuk bernyanyi, memainkan gitar ritem dan bas "Hit the Ligths", lagu pertama yang ditulis Lars dan James. Lasntas, atas usulan Ron Quintana, seorang kenalan Lars, Metallica pun dipilih sebagai nama band.

Selanjutnya Lars kembali memasang iklan di The Recycler untuk mencari pemain gitar lead. Kali ini dave Mustaine-lah yang menangggapinya. Tapi ketika "Hit The Lights" yang direkam Metallica pada awal 1982 dimasukkan di album kompilasi "Metal Massacre I", porsi lead masih dimainkan oleh Lloyd Grant. Selain merekrut Dave Mustaine, Metallica juga mulai mempekerjakan basis Ron McGovney saat tampil live untuk pertama kalinya di Radio City di Anaehim, California 14 Maret 1982. formasi inilah yang memainkan veersi rekaman ulang lagu "Hit The Lights" yang diedarkan kemudian. Tapi tak berapa lama,Ron langsung didepak keluar gara-gara Lars, James dan Dave terkesima melihat penampilan Cliff Burton, basis band Trauma saat tampil di nightclub Whisky a Go Go. Akhir 1982, Cliff pun resmi bergabung dengan Metallica dan tampil pertama kali di nightclub The Stone, maret 1983.

Dengan modal demo berjudul "No life til leather" Metallica berusaha menarik perhatian beberapa label, namun tak ada jawaban memuaskan. Lewat bantuan finansial dari seorang promotor bernama Johnny Z Zazulla, Metallica akhirnya bisa menggarap materi album debutnya lewat Megaforce Records, label milik Johnny. Namun sebelum sempat dirilis, Dave Mustaine dipecat dari Metallica karena dianggap alkolholik dan mempunyai tabiat yang tidak menyenangkan. Pada hari pemecatan itu juga, gitaris band metal Exodus,Kirk Hammet langsung dipanggil untuk menggantikan Dave. Kirk yang pernah berguru pada Joe Satriani tampil bersama Metallica untuk pertama kalinya di The Showplace, New Jersey pada 16 April 1983.

Inilah awal perseteruan berkepanjangan antara Dave Mustaine dengan Metallica yang kemudian langsung mendirikan band Megadeth pasca pemecatan dan merilis album debutnya,"Killing Is My Bussiness..And Bussiness Is Good!" (1985). Dave sangat kesal pada Kirk yang dianggapnya telah mencuri lick di permainan gitarnya di rekaman "No Life 'til Leather". Apalagi setelah itu majalah Metal Force mendaulat Kirk sebagai gitaris terbaik saat itu. Sebagai ungkapan kekesalan yang amat sangat tanpa ragu Dave pun memasukkan lagu 'Mechanix' kedalam albun debutnya.Lagu yang sama juga dipakai Metallica di album debut 'Kill Em All' namun mengganti judulnya dengan 'The Four Horsemen'.

'Kill em All' direkam Metallica di Rochester,New York.Tadinya album ini memakai judul'Metal Up Your Ass', namun mendapat pertentangan dari pihak label.Kendati angka penjualan 'Kill em All' tidak terlalu menggembirakan (hanya bisa menempati posisi ke 120 didaftar peringkat album terlaris di Amerika,Billboard 200),namun ternyata album tersebut mampu mengangkat Metallica di kalangan komunitas metal underground. Bahkan pada februari 1984,Metallica menjadi band pembuka untuk tur konser Venom.

Usai merilis album kedua 'Ride The Lightning' yang mampu terjual hingga setengah juta keping,Metallica pun disunting label electra records serta Q-Prime Management.Sejak saat itu popularitas band ini meningkat tajam.Dibawah manajemen Q-Prime yang juga menaungi grup Def Leppard,Metallica antara lain bisa mendapatkan kesempatan tampil di 'The Monster of Rock Festifal' di Donnington Park,Inggris pada 17 Agustus 1985 bersama Bon Jovi dan Ratt dihadapan 70 ribu lebih penonton.

Pencapaian terbaik Metallica secara musikal diraih saat merilis 'Master of Puppets' yang mereka rekam di Sweet Silence Studios,Maret 1986.Album yang antara lain memuat lagu 'Battery' dan 'Damage Inc' ini,berhasil menempati posisi 29 di Billboard 200.Namun pada 27 September 1986 saat band ini sedang dalam perjalanan tur 'Damage Inc',bis yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di kawasan Dorarp,Swedia.Basis Cliff Burton tewas pada kecelakaan itu.

Karir Metallica berlanjut setelah mendapat restu dari keluarga Cliff Burton.Lewat audisi yang antara lain diikuti oleh Les Claypool (Primus) dan Troy Gregory (Prong),akhirnya Jason Newsted (Flotsam and Jetsam) dipilih sebagai pengganti Cliff.Jason tampil pertama kali bersama Metallica di Tokyo, Jepang dalam rangkaian 'US and Far East Tour',November 1986.Dengan Jason Metallica kembali melahirkan sebuah album fantastis berjudul '...And Justice for All'.Lewat hit berjudul 'One' yang idenya dicomot dari lagu 'Buried Alive' (Venom),Metallica mendapatkan penghargaan Grammy untuk kategori 'Best Metal Performance' untuk pertama kalinya.Konon di Album ini,Kirk Hammet mengakui hanya punya waktu delapan hari untuk merampungkan semua part lead nya,karena Metallica sudah harus tampil di tur 'Monster of Rock'.

Album terlaris Metallica sepanjang masa,'Metallica' atau juga dikenal dengan sebutan 'The Black Album' dirilis pada akhir agustus 1991.Album yang antara lain memuat lagu 'Enter Sandman','Sad But True', dan 'Nothing Else Matters' ini menempati posisi puncak di Billboard 200 mencatat angka penjualan lebih dari delapan juta keping di Amerika sampai awal 1995.Konon penggarapan rekaman album yang ditangani produser Bob Rock ini menghabiskan total anggaran sebesar USD 1 juta dan mengalami tiga kali proses mixing.

Usai perilisan 'Load' dan 'Reload' yang lebih menonjolkan keberpihakan Metallica pada musik mainstream serta kompilasi lagu daur ulang berjudul 'Garage Inc' dan album kolaborasi Metallica dengan San Fransisco Symphony Orchestra berjudul 'S & M',Jason Newsted menyatakan pengunduran dirinya pada 17 Januari 2001.Saat itu Metallica sedang bersiap masuk studio rekaman untuk menggarap album 'Saint Anger'.Porsi bas dialbum itu pun diisi oleh produser Bob Rock,beberapa saat sebelum Metallica merekrut Rob Trujillo,mantan basis Suicidal Tendencies,Ozzy Ousbourne dan Black Label Society. (dirangkum dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar